BERITA FAKTA Internasional Istana Presiden

UGM soal Amien Rais: Profesor Jabatan Akademik, Bukan Gelar Akademik

UGM soal Amien Rais: Profesor Jabatan Akademik, Bukan Gelar Akademik

INFODETIK – Ketua Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Koentjoro beri tambahan penjelasan bahwa profesor merupakan salah satu jabatan akademik, bukan gelar akademik seperti sarjana atau doktor yang disandang seumur hidup. Penjelasan ini berkaitan dengan polemik gelar guru besar Amien Rais, politikus PAN.

“Guru besar atau profesor adalah jabatan akademik, bukan gelar akademik yang menempel selama hidup. Kalau itu jabatan akademik maka kala yang berkaitan pensiun jabatannya itu pun pensiun,” kata Koentjoro dalam info tertulisnya, Senin (27/5).

Koentjoro membantah bahwa pihaknya udah mencopot jabatan profesor Amien Rais. Menurutnya, Dewan Guru Besar UGM tak punya hak untuk mencopot maupun mencabut jabatan guru besar. Namun, jabatan guru besar hilang dengan sendiri misalnya seseorang pensiun, mengundurkan diri, atau masuk ke dalam partai politik. IDN POKER PULSA

“ASN dilarang berpartai politik, gara-gara itu dia (Amien Rais) kudu pensiun,” kata Koentjoro.

Selanjutnya dijelaskan, untuk mencapai jabatan profesor tersedia serangkaian tahap yang kudu di lewati seperti penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengajaran. Jabatan berikut juga lewat pertimbangan di fakultas, universitas, selanjutnya dikirim ke Kemenristekdikti dan dinilai oleh tim peneliti.

Yang Ada Penghentian, Bukan Pencabutan

Sebelumnya, belakangan ini dinarasikan bahwa gelar guru besar Amien Rais dicabut oleh UGM. Kabag Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, pun buka nada bahwa UGM tidak pernah mencabut gelar guru besar Amien Rais. POKER VIA OVO 

“Yang wajib saya tegaskan, tidak pernah ada statement UGM mencabut guru besar. Karena guru besar itu kewenangan Kemenristekdikti,” kata Iva, Senin (27/5).

Pernyataan Iva tersebut merujuk apa yang disampaikan Koentjoro bahwa di dalam sebuah jumpa pers pekan lalu. Jabatan guru besar cuma dipergunakan kala tetap menggerakkan kesibukan tridharma perguruan tinggi. IDN POKER GOPAY 

“Statement ketua Dewan Guru Besar UGM pada kala Jumpa Pers Seruan Damai berasal dari UGM Jumat 24 Mei 2019 adalah tidak cukup lebih jabatan guru besar itu jabatan akademik, menjadi cuma akan dipergunakan kala tetap menggerakkan kesibukan tridharma. Sehingga jika sudah pensiun dan tidak melaksanakan aktifitas akademik, maka guru besarnya sudah hilang,” kata Iva.