KULINER LIFESTYLE

Studi Mengungkapkan Kemampuan Lidah Mencium Bau

Studi Mengungkapkan Kemampuan Lidah Mencium Bau
Studi Mengungkapkan Kemampuan Lidah Mencium Bau

Studi Mengungkapkan Kemampuan Lidah Mencium Bau. Setiap alat indera manusia memiliki masing-masing fungsi. Namun, selain dikenal sebagai indera pengecap rasa, lidah juga ditemukan dapat mencium bau. Studi anyar yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Monell Chemical Senses Center melaporkan bahwa sensor pendeteksi aroma pada hidung ditemukan hadir dalam sel-sel yang ada di lidah. Temuan menunjukkan bahwa komponen utama rasa makanan menjadi interaksi antara indera penciuman dan pengecap. Interaksi dapat dimulai pada lidah, bukan di otak sebagaimana yang diperkirakan sebelumnya.

“Penelitian kami membantu menjelaskan bagaimana molekul bau memodulasi persepsi rasa,” ujar penulis studi sekaligus ahli biologi di Monell Center, Mehmet Hakan Ozdener, mengutip Medical Xpress. Rasa khas dari sebagian besar makanan dan minuman lebih banyak berasal dari aroma daripada rasa. Rasa, yang mendeteksi molekul-molekul manis, asin, asam, pahit, dan gurih di lidah.

Studi Mengungkapkan Kemampuan Lidah Mencium Bau

Studi Mengungkapkan Kemampuan Lidah Mencium Bau

Berevolusi menjadi penjaga gerbang untuk mengevaluasi nilai nutrisi dan potensi racun yang masuk ke dalam mulut. Sementara aroma memberikan informasi rinci tentang kualitas rasa makanan. Sedangkan otak menggabungkan input dari rasa dan aroma untuk menciptakan sensasi tersendiri. Studi Mengungkapkan Kemampuan Lidah Mencium Bau.

Hingga saat ini, rasa dan aroma dianggap sebagai sistem indera yang independen dan tidak saling berinteraksi hingga informasi masing-masing tiba di otak. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Chemical Senses ini memberikan bukti bahwa reseptor penciuman dapat memainkan peran dalam sistem rasa. Caranya adalah dengan berinteraksi dengan sel-sel reseptor pengecap rasa pada lidah.

Baca Juga : Berikut Tips Wisata Bersama Pasangan Berdasarkan Durasi Hubungan

“Kehadiran reseptor penciuman dan pengecap rasa dalam sel yang sama [lidah] akan memberi kita kesempatan untuk mempelajari interaksi antara bau dan rangsangan rasa pada lidah,” kata Ozdener. Dari sini, para ilmuwan akan mengeksplorasi bagaimana molekul aroma memodifikasi respons indera pengecap rasa hingga berujung pada persepsi rasa manusia dalam berbagai studi lain. Studi Mengungkapkan Kemampuan Lidah Mencium Bau.