LIFESTYLE Makanan UNIK Viral woman

Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Terkenal Lagi

Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Terkenal Lagi
Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Terkenal Lagi

INFODETIK Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Terkenal Lagi. Setiap daerah di Indonesia punya kuliner khasnya sendiri. Namun seiring berkembangnya zaman dan inovasi kuliner. Beberapa makanan mulai jarang di temui bahkan ada yang sudah menghilang. Penyebabnya pun bermacam-macam mulai dari langkanya bahan baku sampai kesulitan dalan pembuatannya.

Berikut Makanan Kampung Jadul yang Sekarang Justru Terkenal Lagi.

1. Kue Cubit


Cemilan ini bentuk kue kecil kecil. Konon dulu kalau ingin makannya dengan cara di cubit. Maklum yang makan anak kecil mungkin karena itu di sebut kue cubit ya. Kalau anak gede sih langsung saja utuh di lempar ke mulut. Tekstur kue ini empuk dan lembut. Enaknya di makan hangat lho.
Cara buatnya pun mudah. Adonan dasarnya susu bubuk tepung terigu segitiga telur ukuran besar gula pasir soda kue baking powder mentega/margarin. Lelehkan dulu mentega ini dan biarkan. Ketika membakarnya agar bentuknya lebih lucu dan menarik kamu bisa menggunakan cetakan yang unik ya. Untuk topingnya ya terserah selera kamu.

2. Bola Ubi


Jajanan berbentuk bola ini tiba-tiba saja terkenal lagi. Jajanan ini sudah ada sejak dulu. Ubi dengan berbagai variannya banyak tumbuh di Indonesia. Banyaknya varian ini menyebabkan warna ubi menjadi beraneka. Ada yang warnanya putih, merah, ungu, putih dalamnya ungu, kuning bahkan pink.

3. Lupis


Makanan ini ada di masyarakat Betawi. Makanan lezat yang berbahan dasar ketan ini ceritanya dulu merupakan makanan raja. Hanya orang tertentu yang mampu menyediakannya. Biasanya kalau ada acara kenduri atau hajatan.

4. Dongkal


Tiba-tiba saja makanan jadul ini muncul. Makanan sehat sederhana ini terbuat dari tepung beras kukus yang di campur kelapa dan gula putih kemudian di kukus kembali. Kalau mau lebih manis lagi di tengah-tengahnya di tambahin gula aren atau gula merah. Atau apa saja yang kamu suka. Ketika akan di santap lebih enak lagi kalau kamu taburi kelapa parut.

5. Papeda


Makanan ini aslinya dari Maluku dan Papua. Kalau di sana di makannya dengan ikan tongkol atau di sebut mubara dengan bumbu kuning. Di Jakarta sih abang yang suka mangkal di sekolahan mengolahnya dengan cara yang berbeda. Biasanya mereka akan menuangkan telur yang sudah di kocok di penggorengan datar. Kemudian mengambil sagu dengan stik dan menggulungnya sehingga berbentuk.