KULINER LIFESTYLE

Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang

Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang
Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang

Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang. Kaisar kesayangan Jepang, Akihito akhirnya turun takhta hari ini (30/4). Namun takhta tak langsung diserahkan pada Naruhito, sang putera mahkota. Proses masih panjang sebelum akhirnya Naruhito benar-benar mengambil alih tugas sang ayah. Tak ada salahnya berkunjung ke Jepang sembari menanti sang kaisar baru diarak keliling Tokyo tanda kepemimpinannya dimulai. Anda jelas tak boleh melewatkan aneka jajanan kaki lima. Berkat serial Netflix pula, mulai banyak yang melirik jajanan pasar dan kuliner di Asia termasuk Jepang.

Berikut beberapa jenis jajanan populer yang ada di Jepang.

  1. Takoyaki

Dalam bahasa Jepang, ‘takoyaki’ artinya gurita goreng. Takoyaki mewakili camilan berbentuk bulat terbuat dari adonan tepung dan diisi dengan gurita, tenkasu (potongan tempura), benishoga (jahe) dan daun bawang. Makanan ini berasal dari Osaka tetapi sudah dikenal luas ke seluruh Jepang bahkan mancanegara. Di lapak jualan takoyaki, Anda akan mendapat pemandangan pedagang takoyaki yang cekatan menggunakan sumpit untuk membolak-balik bola-bola adonan. Takoyaki biasa disajikan bersama saus berwarna cokelat dengan rasa gurih, nori (rumput laut kering) dan katsuoboshi (serpihan ikan bonito kering).

  1. Okonomiyaki

Okonomiyaki bisa disebut sebagai pancake ala Jepang. Bentuknya mirip pancake yang pipih dan dipanggang. Namun okonomiyaki memiliki citarasa gurih karena terbuat dari tepung, telur, kubis dan sayuran lain serta daging. Okonomiyaki mengenal dua jenis gaya olahan yakni gaya Kansai dan gaya Hiroshima. Jika dengan gaya Kansai, maka semua bahan dicampur lalu dituang ke teflon atau wajan panggang. Atau dengan gaya Hiroshima yakni adonan dan bahan lain dimasak secara terpisah lalu disajikan di atas mi yakisoba. Keduanya punya kesamaan. Saat disajikan, biasanya ditaburi dengan rumput laut kering, acar jahe merah, mayones, dan saus okonomiyaki gurih. Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang.

Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang

  1. Dango

Dango dikenal lewat bentuknya yang bulat dan ditusuk layaknya sate. Bulatan ini terbuat dari tepung beras dan air yang direbus hingga matang. Tiga bola dango ditusuk dengan tusuk bambu kemudian diberi saus manis atau asin. Jenis dango yang paling banyak ditemui ialah mitarashi dango. Bulatan dipanggang dan disiram dengan saus berbahan dasar kedelai. Camilan lezat ini banyak dijumpai di luar kuil Shinto. Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang.

  1. Yakitori

Jika di Indonesia, yakitori layaknya sate yang ditemui di mana pun. Potongan kecil ayam yang ditusuk dengan bambu lalu dibakar. Biasanya bagian daging ayam yang dipakai adalah paha dan sayap tetapi kadang juga hati ayam, kulit, usus atau tulang rawan. Daging biasa dibumbui terlebih dahulu dengan saus asin atau garam sebelum dibakar. Kadang dalam satu tusukan terdapat bahan lain seperti tsukune (bola-bola dari ayam, telur, sayuran dan bumbu) atau negima (bawang prei).

  1. Tomorokoshi

Jagung bakar barangkali paling enak dinikmati saat udara dingin apalagi di pegunungan. Jagung bakar ala Jepang alias tomorokoshi berbeda dengan jagung bakar ala Indonesia. Jika di Indonesia cukup dioles butter atau margarin, di Jepang jagung dibakar dengan miso, butter, dan kecap. Di Jepang, popularitas tomorokoshi akan menanjang saat musim panas atau saat festival-festival. Bukan hal tidak mungkin jika saat pesta kenaikan takhta Haruhito, lapak tomorokoshi bakal ada di mana-mana.

  1. Kakigoris

Jika sudah terlalu banyak daftar jajanan dengan rasa gurih, saatnya menyegarkan lidah dengan yang manis dan dingin. Kakigori paling pas dinikmati saat cuaca panas. Makanan tersaji mirip dengan es campur tapi bedanya kakigori punya rasa unik seperti matcha dan lemon kemudian diberi topping berupa kacang merah, mochi, jeli dan whipped cream. Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang.

Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang

Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang

  1. Yakisoba

Seperti ramen, yakisoba merupakan mi dengan potongan daging babi dan beragam sayuran seperti kubis, wortel dan bawang bombai. Sausnya yang istimewa memberikan citarasa asam dan pedas. Penyajiannya tak melulu semangkuk mie dan topping tetapi ada pula yang mirip hotdog yang diberi mayones dan acar jahe. Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang.

  1. Senbei

Senbei alias kue beras di Jepang punya beragam bentuk, rasa dan ukuran. Sebenarnya di toko-toko, Anda dengan mudah bisa menemui senbei. Namun jika ingin menemukan senbei dengan rasa enak, lebih baik beli di lapak-lapak pedagang kaki lima. Mengapa enak? Di lapak-lapak ini, senbei dibakar di atas bara arang. Senbei di Tokyo dan Kyoto ternyata berbeda. Di Tokyo, senbei lebih padat dan renyah karena tipe beras yang digunakan. Sedangkan di Kyoto, senbei terbuat dari beras michigome sehingga teksturnya lebih ringan. Kebanyakan senbei rasanya gurih diberi bumbu saus atau garam. Namun ada pula yang citarasanya manis.

Baca Juga : Berikut 5 Pekerjaan Paling Stres di Dunia

  1. Nikuman

Sebagian orang pasti tak asing dengan bakpao. Makanan ini berasal dari China. Namun Jepang pun punya bakpao tetapi lebih populer dengan nama nikuman. Nikuman biasanya diisi dengan daging babi dan dinikmati selagi hangat.

  1. Yaki Imo

Yaki imo merupakan ubi yang direbus di atas api kayu bakar. Yaki imo biasa dijual dengan mobil bak terbuka yang di dalamnya terdapat tungku untuk kayu bakar. Yaki imo ada sejak lama dan teriakan penjual yaki imo bisa membawa pada nostalgia masa lalu. Berikut Camilan Lezat Paling Populer di Jepang.